TUGAS DAN PERKEMBANGAN REMAJA BERKENAAN DENGAN KEHIDUPAN BERKELUARGA



TUGAS DAN PERKEMBANGAN REMAJA BERKENAAN DENGAN KEHIDUPAN BERKELUARGA
oleh: Nita Sari (RSA1C115031) Fkip Kimia UNJA 

 
1.PENGERETIAN KEHIDUPAN BERKELUARGA
            Tuga perkembangan remaja dalam hubungan nya dengan persiapan mereka untuk memasuki kehidupan baru yaitu berkeluarga.Kematangan fungsi seksual tersebut erpengaruh terhadap dorongan seksual remaja yang telah tertarik kepada lawan jenis.Garrison menyatakan bahwa dorongan seksual pada masa remaja sangat kuat,sehingga perlu di persiapakan secara mantap tentang halhal yang berhubungan dengan perkawinan.Untuk itu sekolah harus memberikan perhatian khusus tentang masalah-masalah perkawinan dalam pendidikan seksual dan kegiatan lain bagi remaja sebagai persiapan baginya dalam mengahdapi fungs orang tua di kemudian hari.
2.TIMBULNYA CINTA DAN  JATUH CINTA
            Hampir setiap pemuda (laki-laki/wanita) mempunyai dua tujuan umum yatiu,menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dan menikah dan membangun rumah tangga. Mulai saat wanita dan laki-laki telah berangan-angan untuk menemukan pasangan hidup yang ideal.Gejala perilaku orang yang jatuh cinta tidak sama dan mungkin seorang remaja telah mempelajari peran seksual  lebih baik dibandingankan remaja lain.
            Perubahan  perilaku telah dikemukakan secara ringkas oleh Burgess dan Huston sebagai berikut:
1.      mereka lebih sering berhubungan dalam periode waktu yang agak lama.
2.      mereka mencapai pendekatan bila berpisah dan merasa ada peningkatan hubungan bila bertemu.
3.      mereka terbuka satu  sama lain tentang perasaan mereka yang di rahasiakan
4.      mereka menjadi lebih terbiasa dan saling berbagi suka dan duka
5.      mereka mengembangkan sistem komunikasi mereka sendiri,dan komunikasi itu meningkat lebih efisien.
6.      mereka meningkatkan kemampuan masing-masing dalam merencanakan dan mengantaisipasi kenyataan hidup dalam masyarakat nanti.
7.      mereka meningkatkan investasi mereka dalam hal hubungan dan mempeluas lingkup kehidupan yang penting.
8.      mereka meningkatkan perasaan saling menyenangi,mempercayai,dan mencintai demi kepentingan bersama
3.MASYARAKAT DAN PERKAWINAN
            Dalam masalah perkawianan seriap masyaratakat di dunia memiliki adat dan aturan adat yang menjadi pedoman bagi setiap anggota masyarakat dalam menetapkan pasangan hidupnya.  Hasil penelitian Adam (Garrison,1956:483) menyatakan bahwa 60 persen wanita menikah kerana di dorong  oleh faktor yang cinta keamanan.Bahwa 70 persen laki-laki menyatakan bahwa perkawian itua dalah masalah faktor keinginan hidup bersaa dan mengurangi ketegangan,drsang faktor dorongan cinta menurut laki-laki adalah posisi ketiga.
            Disamping faktor fisik dan psikologi,faktor-faktor lain yang dijadikan pertimbangan dalam menentapkan calon pasangan adalah kesaman-kesamaan dalam ras,bangsa,agama,dan status soaial ekonomi .Khusus tentang faktor ekonomi mencakup berbagai aspek antar lain menyangkut masalah pergaulan dan pekerjaan.
IMPLIKASI TUGAS-TUGAS DAN PERKEMBANGAN REMAJA DALAM PENYELENGGARAAN NEGARA
1)      Pendidikan yang berlaku di Indonesia,baik pendidikan yang diselenggrakan di dalam sekolah maupun di luar sekolah.Pada umumnya diselenggarakan dalam bentuk klasikal.Penyelenggaraan klasikal ini memberlakukan sama semua tindakan pendidikan kepada semua remaja yang bergabung didalam kelas.sekalipun masing-masing diantara mereka sangat berbeda-beda.Pendidikan adalah sifat-sifat kebutuhan umum remaja,seperti pengakuan akan kemampuan nya,ingin mendapatkankepercayaan,kebebasan,dan semacamnya.
2)      Beberapa usah yang dilakukan di dalam penyelenggaraan pendidikan,sehubungan dengan minat dan kemampuan remaja yang dikaitkan dengan cita-cita kehidupan nya antara lain adalah:
1)      Bimbingan karir dalam upaya mengrahkan siswa untuk menentukan pilihan jenis pendidikan dan jenis pekerjaan sesuai dengan kemampuannya.
2)      Memberikan latiha-latihan praktis terhadap siswa dengan orientasi kepada kondisi lingkungan.
3)      Penyusunan kurikulum yang komprehensif dengan mengembangkan kurikulum muatan lokal.
3)      Keberhasilan dalam memilih pasangan hidup untuk membentuk keluarga banyak ditentukan oleh pengalaman dan pentyelesaian tugas-tugas perkembangan masa-masa sebelumnya.Untuk mengembangkan model keluarga yang ideal maka perlu dilakukan:
1)      Bimbingan tentang cara pergaulan dengan mengajarkan etika pergaulan lewat pendidikan budi pekerti dan pendidikan keluarga
2)      Bimbingan siswa untuk memeahami norma yang berlaku baik di dalam keluarga,sekolah,maupun di dalam masyarakat.
4)      Pendidikan tentang nilai kehidupan untuk megenalkan norma kehidupan sosial kemasyarakatan perlu dilakukan.Dalam hal ini perlu dilakukan pendidikan praktis melalui organisasi pemuda,pertemuan dengan orang tua secara periodik,dan pemantapan pendidikan agama baik didalam maupun di luar sekolah.

·         TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA
1)      Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2)      mencapai kematangan berperilaku etis;
3)      mencapai kematangan emosi;
4)      mencapai kemtangan intelektual;
5)      memilki kesadaran tanggung jawab sosial;
6)      mencapai kematangan perkembangan pribadi;
7)      mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya;
8)      memiliki kemandirian perilaku ekonomis;
9)      mencapai kematangan dalam pilihan karier;
10)  mencapai kematangan dalam kesiapan diri untuk menikah dan hidup berkeluarga.
·         TUGAS PERKEMBANGAN DEWASA AWAL
1)      memilih pasangan hidup;
2)      belajar hidup dengan pasangan nikah;
3)      memulai hidup berkeluarga
4)      memelihara anak
5)      mengelola rumah tangga
6)      muai bekerja
7)      bertanggungjawab sebagai warga negara;dan
8)      menemukan kelompo sosial yang serasi.
·         TUGAS PERKEMBANGAN DEWASA PERTENGAHAN
1)      mencapai tanggung jawab sosial sebagai warga negara;
2)      membantu remaja menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab;
3)      mengembangkan kegiatan-kegiatan pengsisi waktu senggang;
4)      menghubungkan diri sendiri dengan pasangan hidup sebagai suatu individu;
5)      menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan fisiologis;
6)      meencapai dan mempertahanknan prestasi yang memuaskan dalam karier pekerjaan;dan
7)      menyesuaikan diri dengan prang tua yang semakin tua;
·         TUGAS PERKEMBANGAN DEWASA AKHIR(MASA TUA)
1)      menyesuaikan diri dengan menurun nya kekuatan fisik dan kesehatan;
2)      menyesuaikan diri dengan masa pensiun dan menurun nya penghasilan keluarga;
3)      menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup;
4)      membentuk hubungan dengan orang-orang seusia;
5)      membentuk pengaturan kehisupan fisik yang memnuaskan;dan menyesuiakn diri denganperan sosial secara luwes.

0 Response to "TUGAS DAN PERKEMBANGAN REMAJA BERKENAAN DENGAN KEHIDUPAN BERKELUARGA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel