7 Hal yang harus di perhatikan dalam lomba debat bersistem parlemen Australia



7 Hal yang harus di perhatikan dalam lomba debat bersistem parlemen Australia

            Pada Sistem Parlemen Australia tidak adanya interupsi yang dilakukan kedua tim debat. Pada sistem ini juga dapat 2 tim yang saling berlawanan terdalam satu pertandingan yang masing-masing terdiri dari 3 pembicara; pembicara pertama pemerintah atau oposisi, pembicara kedua pemerintah atau oposisi, dan pembicara ketiga pemerintah atau oposisi. Untuk itu dalam lomba bersistem ini pelu memperhatikan hal sebagai berikut:

1          1.Kuasai seluruh Materi yang berkaitan dengan mosi yang diberikan
Sebelum hari H lomba, sebaiknya dipelajarai lebih dalam tentang mosi yang diberikan. Sebab pada saaat lomba, dituntut berargumen yang tepat dan sesuai faktanya. Jika seseorang tidak mengetahui materi yang ada pada mosinya, maka dikhawatirkan tidak mampu untuk berargumen yang baik.


2      2.Usahakan berargumen sesuai dengan durasi yang ada
Walauun kita sudah memeahami betul tentang materi yang akan kita sampaikan, namun kita tidak seharusnya mengeluarkan seluruh materi tersebut, karena ada durasi waktu yang pada umumnya telah diberikan juri. Oleh Karena itu penting sekali dalam menyampaikan  materi yang sekaligus bisa mengelola durasi dengan tepat.




3, Pergunakan bahasa yang baik
Berbahasalah dengan baik. Karena disamping penggunaan bahasa yang baik mempengaruhi nilai, ia juga mampu memberikan kesan yang baik terhadap jalannya debat dan mudah dipahami.

4     4Bertutur kata yang tidak terlalul cepat
Bertutur kata jangan terlalu cepat karena ditakutkan juri tidak mengerti dengan apa yang kita sampaikan. Hal ini justru membuat argument kita dipandang sebagai opini belaka.


5    5.Percaya diri dengan argument yang di bawakan
Percaya diri juga hal yang penting dalam debat, karena jika kita tidak percaya diri maka konsentrasi kita terganggu yang akhirnya akan timbul gugup.

6      6.Menulis poin-poin penting saat akan berargumen
Tulislah poin-poin penting saja. Jika kita menulis sebuah teks yang akan kita sampaikan ditakutkan akan mempengaruhi konsentrasi, body language dan terkesan teksbook. Dengan demikian perlu ditekankan lagi untuk menulis poin-poinnya saja.





7.Kekompakkan tim
Walaupun berargumen tinggi, kekompakkan tim juga dinilai dalam debat sebab jika tidak memiliki singkron yang baik antara satu dengan yang lain mengakibatkan materi yang disampaikan tidak mendapatkan kesimpulan yang baik.


0 Response to "7 Hal yang harus di perhatikan dalam lomba debat bersistem parlemen Australia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel