TUGAS KEWARGANEGARAAN “STUDY KASUS IDENTITAS NASIONAL”



TUGAS KEWARGANEGARAAN
STUDY KASUS IDENTITAS NASIONAL”

NAMA       : ROSTALINDA RUMAPEA
NIM           : RSA1C115022
KELAS      : PENDIDIKAN KIMIA PGMIPA-U

DOSEN PEMBIMBING:
AHMAD FAUZAN,M.Pd

PROGRAM STUDY PENDDIKAN KIMIA PGMIPA-U
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2015

a.       KASUS
Pengklaiman budaya asli Indonesia oleh negara asing, salah satunya tari tor-tor dari sumatera utara diakuai oleh Malaysia sebagai budaya asli dari negaranya. Malaysia mengklaim bahwa tarian tor-tor adalah tarian budaya asli mereka, tarian in pernah dipertunjukkan sebagai tarian di festival tarian di Malaysia.
Masalah ini sangat membuat rakyat Indonesia merasa geram dengan tingkah Malaysia karena bukan ini saja yang sudah  pernah diklaim oleh Malaysia, walau dengan begitu pihak Malaysia tidah merasa bersalah dan mereka malah beranggapan bahwa tidak pernah mengklaim kebudayaan Indonesia. Kasus ini bukan kasus dua orang melainkan kasus yang melibatkan dua negara besar Malaysia dan Indonesia. Selaku Indonesia merasa dilecehkan kebudayaannya dengan mudah diklaim dan merasa tidak dihargai,namun Malaysia tetap pada prinsipnya bahwa mereka tidak pernah mengklaim budaya Indonesia terutama tari tor-tor.
b.      PENYELESAIAN
Penyelesaian dari kasus ini sebenarnya adalah dari masing-masing negara ini mengitropeksi diri masing-masing dan dua negara ii dipertemukan dalam sebuah rapat membahas kasus ini, agar tidak terjadi kesalah pahaman pada masyarakat atau rakyat dari kedua negara ini. hal ini juga agar tidak terjadi pemerontakan yang disebabkan oleh kasus ini. Dan selaku bangsa indoesia yang benar memiliki kebudayaan tari tor-tor ini semakin memperkuat dan mempertahankan budaya dengan semakin dilestariakan budaya-budaya Indonesia seperti dengan mengadakan even-even kebudayaan nusantara setiap tahun agar budaya Indonesia dapat terus dikenal oleh rakyat Indonesia bahkan orang asing yang datang ke Indonesia maupun yang berada diluar negeri. Karena hal itu sudah menjadi identitas dari kita sebagai warga negara Indonesia. Kebudayaan itu telah dikenal dan dinyatakan sebagai suati cir kita yang membedakan kita dengan bangsa lain. Sehigga , kita sebagai penerus bangsa harus terus melestarikan dan menjaga kebudayaan itu agar penerus selanjutnya dapat merasakan dan mengetahui kebudayaan tersebut.
Pengklaiman ini dapat terjadi karena berbagai hal, salah satunya karena kita sebagai warga negara kurang memberikanperhatian terhadap kebudayaan yang ada di Indonesia. Kita ketahui bahwa kebudayaan Indonesia itu beragam dan banyak sekali wajar saja Malaysia tertarik dan sering mengklaim kebudayaan kita karena kurangnya kebudayaan di negara tersebut. Sedngkan Indonesia memiliki berabagai ragam budaya dengn cirri dan kekhasan masing-masing. dan karena beragamnya budaya Indonesia ini , kita hanya bangga dengan beragam budaya nya saja tanpa peduli dan tahu apa saja ragam budaya Indonesia itu. Selain itu juga kurangnya perhatian pemerintah yang hanya sibuk mengurusi pemerintahan saja tanpa menoleh pada perlunya pelestarian dan pengenlan budaya pada generasi muda. Satu hal yang identik dengan Indonesia , jika salah satu budaya Indonesia telah di akui oleh negara asing salah satunya Malaysia. Barulh negara Indonesia heboh dan mengecam negara asing tersebut. Padahal kesalah pertama yang dilakukan Indonesia sehingga negara asing dapat mengklaim budaya kita adalah karena adanya peluang. Peluang disini adlah kesempatan yang terbuka lebar bagi negara asing untuk bsa mengambil kebudayaan kita. Hal ini karena terlalu banyak budaya yang kita miliki kita jadi lengah sehigga negara asing yang kekurangan budaya itu melakukan berbagai cara untuk dapat mengambil kebudayaan kita. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus harus menjaga, mempertahankan dan melestarikan kebudayaan kita. Karena kebudayaan itu menjadi idntitas dari negara Indonesia dan kita sebagai warga negara Indonesia.

0 Response to "TUGAS KEWARGANEGARAAN “STUDY KASUS IDENTITAS NASIONAL”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel